Sederet Nama Cawapres Ganjar Disebut Jokowi, Mana yang Pas?

Presiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberikan keterangan Pers usai melaksanakan Salat Ied Fitri 1444 H di Masjid  Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan (MBZ) di Solo. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Ganjar Pranowo telah resmi ditunjuk sebagai calon presiden 2024 oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri. Untuk pendampingnya di Pilpres 2024 nanti, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut beberapa nama yang cocok sebagai calon wakil presiden (Cawapres). Siapa yang pas?

Jokowi mengatakan sebenarnya banyak nama-nama yang pantas mendampingi Ganjar untuk menghadapi Pemilu tahun depan. Hal ini ia katakan saat ditemui wartawan seusai salat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Sheikh Zayed Solo, Sabtu (22/4/2023).

Antara lain, Menteri BUMN Erick Thohir menjadi nama yang ia sebut paling awal. Kemudian di urutan kedua ia sebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

“Banyak, banyak, ada Pak Erick, ada Pak Sandiaga Uno, kan banyak kan,” ungkap Jokowi seperti dikutip dari tayangan video Sekretariat Presiden seperti ditulis Selasa (25/4/2023)

Lalu, ia menyebutkan sejumlah nama lain, seperti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, serta Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Ketika ditanya wartawan apakah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masuk ke dalam radar yang berpotensi dicalonkan berpasangan, Jokowi menganggap kemungkinan itu ada. Prabowo pun telah datang ke rumah Jokowi di Solo.

“Nah, termasuk Pak Prabowo. Nanti juga cawapresnya ketemu, siang ini ketemu, beliau mau ke rumah. Siang,” tegas Jokowi

Calon presiden lainnya yang telah diumumkan partai politik untuk maju pada gelaran Pilpres 2024 adalah mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dicalonkan oleh Partai Nasdem, PKS, dan Demokrat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*