Media Asing Sorot Jokowi Bertemu Biden, Sebut Ini

Media Asing Sorot Jokowi Bertemu Biden, Sebut Ini

Presiden Joe Biden bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Ruang Oval Gedung Putih, Senin, 13 November 2023, di Washington. (AP Photo/Andrew Harnik)Media asing menyoroti pertemuan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Keduanya bertemu Senin waktu setempat.

Hal ini dibahas https://rumahkasterbaik.lat/ Reuters dalam artikel berjudul “Indonesian President Widodo urges Biden to ‘do more’ to stop Gaza ‘atrocities'”. Disebut bagaimana pertemuan ini juga menjadi landasan pertemuan Biden dengan Xi Jinping.

“Para pemimpin AS dan Indonesia melakukan diskusi pada Senin, yang akan menjadi landasan pertemuan tatap muka pertama Presiden AS Joe Biden dalam setahun dengan pemimpin China Xi Jinping,” tulis media itu, Selasa (14/11/2023).

“Biden menyambut Presiden Indonesia Joko Widodo di Gedung Putih ketika kedua pemimpin mempersiapkan pertemuan puncak Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di San Francisco, di mana Washington berharap dapat mengurangi perselisihan dengan Beijing,” tambahnya.

Khusus dengan RI, disebut pula bagaimana kedua negara bakal menyetujui kerja sama baru di bidang pertahanan. Termasuk keamanan siber, luar angkasa, latihan gabungan, dan ancaman nuklir.

Mengutip salah satu pejabat senior, dikatakan pula bagaimana kedua negara akan mengumumkan langkah-langkah iklim terbaru. Mulai dari bursa karbon, jaringan listrik, dan meningkatkan kualitas udara.

“Seperti beberapa negara tetangganya di Asia Tenggara, Indonesia memiliki hubungan erat secara ekonomi dengan China … tapi ingin menghindari terjebak di tengah-tengah hubungan Washington-Beijing yang bermusuhan,” tambah media itu lagi.

“Jakarta diperkirakan akan secara resmi meningkatkan hubungan dengan Washington ke tingkat diplomatik tertinggi pada pertemuan tersebut. Biden juga akan mengumumkan pendanaan baru untuk industri semikonduktor Indonesia, kata sumber tersebut,” tambahnya lagi.

Di sisi lain, Reuters juga menyoroti bagaimana damai di Gaza menjadi pesan yang dibawa Jokowi. Di mana RI mengimbau penghentian kekerasan di Gaza, Palestina.

“Indonesia mengimbau AS berbuat lebih banyak untuk menghentikan kekejaman di Gaza. Gencatan senjata adalah suatu keharusan demi kemanusiaan,” tulis media itu memuat pernyataan Jokowi.

Sementara Biden juga dikatakan akan meminta Jokowi untuk memainkan peran yang lebih besar, terutama membantu AS di Timur Tengah. Sayangnya tak dijelaskan lebih lanjut apa yang mungkin diperlukan dari perluasan peran tersebut.

Hal sama juga dimuat AFP. Media itu memuat artikel berjudul “Indonesian president urges Biden to help end Gaza ‘atrocities'” di mana disinggung soal Gaza dan Beijing.

“Widodo mengatakan dia akan menyampaikan pesan khusus dari Presiden Mahmoud Abbas dari Palestina, yang meminta saya untuk menyampaikannya kepada Presiden Biden, mengenai perang tersebut,” tulis media Prancis itu.

“Namun Biden tetap fokus pada rencana untuk meningkatkan kerja sama dengan Indonesia ke tingkat tertinggi, yang disebut kemitraan strategis komprehensif,” tambahnya.

“Washington telah berusaha membangun aliansi di kawasan Asia-Pasifik ketika kehadiran Tiongkok semakin tegas,” jelas AFP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*