Kebakaran Rumah di Tanah Abang, 56 Personel Damkar Dikerahkan, Jalanan Macet

Situasi di sekitar Jalan Tanah Abang 5 saat petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api, Ahad, 26 Februari 2023. Tempo/M. Faiz Zaki

Kebarakan melanda rumah di Jalan Tanah Abang 5 Rt03/Rw03 Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Kepala Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Saepuloh menuturkan kebakaran terjadi sekira pukul 17.00 WIB.

“Waktu terima berita 17.35 bersumber informasi dari telepon masyarakat,” ujar Saepuloh saat dihubungi, Ahad, 26 Februari 2023.

Jenis bangunan yang terbakar adalah tempat tinggal bangunan rendah. Saat ini belum dipastikan berapa rumah yang hangus terbakar.

Penyebab kejadian juga belum diketahui pasti oleh petugas. Berdasarkan pantauan Tempo di lokasi, petugas pemadam kebakaran tengah berupaya memadamkan api yang saat ini masih terlihat membumbung tinggi.

Petugas masih  berlalu lalang mengatur selang pemadaman. “Pengerahan 56 personel dengan 14 unit pemadam,” tutur Saepuloh.

Warga terlihat berbondong-bondong membawa kendaraan dan barang berharga yang masih bisa di selamatkan. Jalan Tanah Abang 5 kini ditutup, kemudian Jalan Abdul Muis juga dialihkan untuk menghindari kemacetan saat warga sekitar mengevakuasi barang-barangnya.

Hingga berita ini diterbitkan, api belum kunjung padam. Langit berangsur gelap dan gerimis hujan mulai menetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*