Bukan China, Ini Negara yang Paling Berpengaruh di Asia

Iranian President Ebrahim Raisi walks with Chinese President Xi Jinping during a welcoming ceremony in Beijing, China, February 14, 2023. Iran's President Website/WANA (West Asia News Agency)/Handout via REUTERS. ATTENTION EDITORS - THIS PICTURE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY.

Lowy Institute telah merilis data ranking yang bertajuk Lowy Institute Asia Power Index 2023 yang di dalamnya memuat daftar negara dengan pengaruh terkuat di Asia tahun ini. Apakah Indonesia masuk ke dalam daftar tersebut? Simak datanya pada grafik di bawah ini.

Dalam perankingannya Lowy Institute mengelompokan pengaruh terkuat ini berdasarkan beberapa indikator diantaranya, kemampuan militernya, ekonomi negara tersebut, SDA, pengaruh budaya, hubungan diplomatik serta ketahanan sebuah negara tersebut.

Dalam daftar tersebut sudah tak diragukan lagi 2 negara super power memimpin daftarnya, AS dan China menjadi negara paling berpengaruh di Asia dengan perolehan poin masing-masing 80,7 dan 72,5.

Negara di bawahnya terlihat gap yang cukup jauh. Begitu pula Indonesia, ternyata masuk dalam daftar 10 besar tepatnya bercokol di posisi 9 negara paling berpengaruh di Asia dengan perolehan poin sebesar 19,4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*