Ada Proyek IKN, Jokowi Pede Ekonomi RI Meroket 5,7% di 2024!

U.S. President Joe Biden and Indonesia's President Joko Widodo attend a Partnership for Global Infrastructure and Investment event during the G7 summit, at the Grand Prince Hotel in Hiroshima, Japan, May 20, 2023. REUTERS/Jonathan Ernst

Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2024 dapat mencapai 5,3% hingga 5,7%. Target ini menjadi level tertinggi di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak 2019.

Tingkat pertumbuhan ekonomi tersebut akan meningkatkan GNI per kapita (Atlas Method) menjadi US$ 4.970 – US$ 5.150 pada 202, dan menjadikan Indonesia sebagai upper-middle income countries.

Seperti diketahui, Bank https://rtphuat138slot.online/ Dunia atau World Bank membuat klasifikasi negara berdasarkan GNI per capita dalam 4 kategori, yaitu: Low Income (US$ 1.035), Lower Middle Income (US$ 1.036-USD4,045), Upper Middle Income (US$ 4.046 hingga US$ 12.535) dan High Income (>US$ 12.535)

Hal tersebut tertuang di dalam Buku Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) Tahun 2024. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan mengungkapkan, Asia akan menjadi salah satu motor utama pertumbuhan global di tahun depan.

“Perekonomian Asia yang relatif lebih resilien dibanding wilayah lain membuat tetap menjadi brightspots di tengah lesunya perekonomian global,” tulis Kemenkeu, dikutip Senin (22/5/2023).

Dalam jangka pendek, berakhirnya kebijakan zero covid di Tiongkok atau China, diperkirakan akan memberi daya ungkit pada pertumbuhan global. Dalam jangka menengah panjang, pertumbuhan kelas menengah di Asia membuat kawasan ini terus menjadi pasar potensial.

“Pertumbuhan ekonomi Asia yang cukup solid selain bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, juga terus memperbesar kelompok masyarakat kelas menengah, yang menjadi pasar potensial bagi ekonomi secara global,” jelas Kemenkeu.

Kemenkeu juga meyakini, bahwa pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur akan menjadi salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi nasional di tahun depan.

Pembangunan IKN Nusantara, diklaim bukan sekedar memindahkan lokasi pusat pemerintahan ke wilayah lain, namun lebih dari itu, pemerintah berupaya mewujudkan sebuah prototipe intelligent city sebagai representasi transformasi kemajuan Indonesia yang sesuai dengan visi Indonesia Maju 2045.

“Pembangunan IKN Nusantara juga merupakan upaya pemerintah untuk lebih mendorong terwujudnya pemerataan ekonomi ke seluruh wilayah NKRI melalui penciptaan kantong-kantong perekonomian yang baru, yang dapat menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi di masa mendatang,” tulis Kemenkeu.

Berdasarkan ramalan Dana Moneter Internasional (IMF), Kemenkeu juga turut memperkirakan, bahwa ekonomi global pada tahun 2024 akan tumbuh 3%, lebih tinggi dari perkiraan pertumbuhan ekonomi pada 2023 yang mencapai 2,8%.

Pertumbuhan volume perdagangan internasional juga diperkirakan rebound ke tingkat 3,5% pada 2024, setelah hanya tumbuh rendah 2,4% pada 2023.

Kelompok negara berkembang dan khususnya wilayah Asia diperkirakan menjadi motor pertumbuhan dan perdagangan internasional di tahun 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*