7 Kerajaan Terbesar & Terkuat Dunia yang Mengharumkan Islam

Taj Mahal di Agra, India

Momentum Ramadan seolah menjadi menarik untuk mendalami pengetahuan terkait Islam saat mengisi waktu luang. Kali ini Tim Riset CNBC membahas terkait kerajaan tertua di dunia.

Sejak pertama kali peradaban muncul tentunya ada banyak sekali kerajaan yang berdiri di berbagai tempat di seluruh dunia.

Setiap kerajaan tersebut bertahan dengan cara yang berbeda-beda. Memang ada beberapa kerajaan yang tak awet sementara ada juga yang merupakan kerajaan besar dan mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Dari semua kerajaan tersebut, mayoritas adalah kerajaan Islam. Bahkan, sebagian besar juga merupakan kerajaan besar yang memiliki pengaruh kuat di bidang sains, politik agama, ekonomi, budaya, hingga seni.

Oleh sebab itu, menarik diketahui apa saja kerajaan Islam terbesar sepanjang sejarah?

Kekaisaran Mughal merupakan kerajaan islam yang berdiri sejak 1516-1761 M dengan daerah kekuasaannya meliputi India dan Pakistan.

Dilansir Britannica, Mughal mencapai masa kejayaannya dari tahun 1556 hingga 1707 M dan menguasai sumber daya yang mencakup hampir seluruh anak benua.

Kekaisaran Mughal sangat kuat karena sistem pemerintahannya yang terpusat, memiliki personel dalam jumlah besar, harta, dan mengetahui informasi terbaru. Ekspansi kekaisaran disebabkan karena kerajaan yang bersikap terbuka dan mau menjalin kontak dengan dunia luar.

Salah satu peninggalan terbesar kekaisaran Mughal adalah Taj Mahal. Bangunan tersebut merupakan peninggalan Raja Shah Jahan, kaisar kelima dari Dinasti Mughal.

Selanjutnya ada Kekaisaran Ottoman yang merupakan salah satu dinasti terkuat dan ternama dalam sejarah dunia. Kekuasannya bertahan hingga enam abad.

Dikenal juga sebagai Kesultanan Ustmaniyah, wilayah Kekaisaran Ottoman membentang dari Wina, timur Teluk Persia, barat Aljazair, dan selatan Yaman.

Pemimpin kerajaan memiliki gelar Sultan dan memiliki otoritas mutlak atas rakyatnya. Pada masanya, orang Eropa Barat memandang Ottoman sebagai ancaman.
Kekaisaran yang berpusat di Turki tersebut memiliki angkatan militer yang sangat tangguh dan ditakuti bangsa manapun pada masanya.

Namun, sejarawan menganggap Kekaisaran Ottoman sebagai sumber stabilitas dan keamanan regional yang hebat, serta memiliki pencapaian penting dalam seni, sains, agama, dan budaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*