INFOGRAFIS, Hacker Paling Terkenal Sepanjang Masa

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat masih banyak pengguna internet yang jarang mengganti password akun pribadinya.

Menurut survei APJII, ada sekitar 66,82% responden yang belum pernah mengganti password-nya. Padahal, mengganti password secara berkala adalah hal krusial untuk mencegah terjadinya pembobolan oleh penjahat siber alias hacker.

“Dari survei kami, ketika responden ditanya alasan kenapa tidak pernah mengubah password, karena makin sering diubah malah sering buat lupa” kata Sekjen APJII Zulfadly Syam saat Peluncuran Resmi Hasil Survei APJII di Jakarta, Senin (15/5/2023).

Sementara yang rajin mengganti password terbagi dalam beberapa waktu periode, yakni setahun sekalihttps://evolutionoforganic.com/https://evolutionoforganic.com/ (10,44%), enam bulan sekali (7,52%), sebulan sekali (5 97%), tiga bulan sekali (5,62%), dan dua bulan sekali (3,64%).

Para responden beralasan bahwa rajin mengganti password malah akan membuat mereka lupa, memang tidak ada niat untuk mengubah password, atau menganggap mengubah password tidak penting, dan tidak tahu cara mengubahnya.

Padahal, beberapa kerentanan dialami oleh masyarakat Indonesia. Dari survei APJII, sebanyak 74,59% pengguna mengaku tidak tahu atau mengaku tidak pernah mengalami kerentanan keamanan siber.

Baca: Belajar dari Kasus BSI, Cek 10 Ransomware Terganas di Dunia!
Lebih lanjut, kerentanan yang sering pengguna internet alami lainnya adalah penipuan online (10,3%), pencurian data/phising (7,96%), perangkat terkena virus (9,28%), tidak dapat mengakses akun (5,65%), dan kasus lain terkait isu keamanan (2,55%).

Sekadar informasi, survei ini dilakukan selama periode 10 Januari – 27 Januari 2023 yang mencakup 38 provinsi di Indonesia dengan total responden sebanyak 8.510 responden.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*